Trending Topic

Michael Sata Menangkan Pemilihan Presiden Zambia

Posted by agus darlis On Senin, 26 September 2011 0 komentar
 Pemimpin oposisi Zambia Michael Sata mendeklarasikan diri sebagai pemenang pemilihan Presiden Zambia, Jumat, 23 September 2011, mengalahkan incumbent Rupiah Banda.


Sata, yang dikenal dengan julukan "King Cobra" karena lidahnya dianggap berbisa, agak sedikit melunakkan pidatonya yang menyangkut kehadiran perusahaan asing di negerinya, terutama dari Cina dalam penutupan masa kampanye selama enam pekan.

Kepala Pengadilan Ernest Sakala telah menetapkan pria 74 tahun itu sebagai pemenang setelah mendapatkan sokongan 1.150.045 suara. Ia menumbangkan perolehan suara Banda yang hanya berhasil mengumpulkan 961,796 suara. Hingga penghitungan terakhir, suara yang masuk ke bilik penghitungan panitia mencapai 95,3 persen. Dengan demikian, Sata telah meraih dukungan 43 persen suara.

Rupiah Banda, 74 tahun, sekaligus pemimpin Partai Gerakan untuk Multipartai Demokrasi (MMD) yang memimpin Zambia sejak periode satu partai berakhir pada 1991, diharapkan memberikan pernyataan Jumat ini tentang perolehan suaranya.

Hasil pemilihan suara ini tak urung mendapatkan protes dari kalangan muda. Mereka membuat kerusuhan, bahkan bentrok dengan kepolisian di Kota Ndola dan Kitwe, 250 kilometer sebelah utara Lusaka. Mereka membakar kendaraan dan pasar. Selain itu, para hacker juga sempat menyerang situs website Komisi Pemilihan yang menyebutkan bahwa Sata dinyatakan kalah dalam pemilihan presiden.

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang keras membuat SPAM pada setiap komentar diblog ini